Sabtu, 24 April 2010

Tips Belajar Bahasa Inggris Ala Gue


Tips yang gue bagikan ini berdasarkan pengalaman pribadi gue
1. Suka Sama Pelajaran Bahasa Inggris
Inilah kunci dari segala kunci untuk kita jikalau ingin berhasil di berbagai bidang, tak terkecuali bahasa Inggris. Ya !!! Suka. Hal simpel tapi tak sesimpel untuk di lakukan. Terutama bagi mereka yang sudah mendarah daging ketidak sukaannya terhadap pelajaran favorit gue ini. Cobalah untuk lebih membuka hati sedikit, berpikirlah jernih bahwa pelajaran bahasa Inggris itu tak sesukar yang kalian bayangkan.Mulailah menyukai pelajaran ini. Bukankah kita akan merasa bangga kalau kita bisa menguasai bahasa Inggris, yang notabene adalah bahasa internasional!
2. Belajar dengan Orang yang Mahir Berbahasa Inggris
Bukan berarti kalian harus belajar dengan guru bahasa Inggris ataupun harus ikutan kursus. Mungkin itu bisa membuat kalian merasa jenuh dalam belajar. Kalian bisa memulainya dengan sedikit bercaka-cakap dengan teman sekelas kalian yang pintar berbahasa Inggris. Say Hi atau pun good morning rasanya tidak berat untuk di lakukan. Hindari pula orang-orang yang menganggap kalau bahasa Inggris itu norak, kampungan dan sebagainya sehingga membuat kita jadi malu untuk berbicara bahasa Inggris. Selain itu juga kalian bisa mengapresiasikan kemampuan bahasa Inggris kalian dengan cara update status pake bahasa Inggris, SMSan pake bahasa Inggris, chatting pake bahasa Inggris, dan lain-lain yang pake bahasa Inggris. Ingat !!! Kunci bisa menguasai suatu bahasa adalah dengan PRAKTEK.
3.Belajar dari Hal-hal yang Kecil dan Menyenangkan
Jangan dulu deh suka bawa-bawa kamus yang tebel dan berat itu, mulai aja dengan hal-hal yang kecil tapi sangat bermanfaat. Bagi yang suka nonton film kalian bisa sambil belajar. Ya, walaupun kalian tidak mengerti atau sedikit saja yang bisa dimengerti tapi dengan seperti itu kalian telah membiasakan telinga kalian mendengarkan bahasa Inggris. So, itu buat kalian merasa tidak asing mendengar kata-kata atau kalimat-kalimat bahasa Inggris walaupun kalian tidak mengerti artinya. Tenang cuy !!! Itulah yang dinamakan proses pembelajaran, step by step !
4. Belajar dari Hobby
Bagi yang suka sama nonton acara olahraga, baik itu pertandingan sepakbola, motoGP, F1, dan pertandingan olahraga internasional lainnya, wah kayaknya cocok banget nih sama tips yang satu ini. Selain bisa nonton pertandingannya kalian juga bisa sambil belajar bahasa Inggris. Komentator-komentatornya kan ngomongnya pake bahasa Inggris tuh, jadi bisa sambil belajar dengerin mereka tuh lagi ngomongin apa sih. Dan yang paling penting dari bagian ini adalah kalian bisa tahu nama-nama orang barat yang nulisnya ribet-ribet. Itu kalo orang Indonesia yang bilang, kalo mereka sih biasa-biasa aja tuh, hahaha.
Itu beberapa tips yang bisa gue share buat kalian semua, khususnya anak-anak sekolahan semacam gue. Semoga bisa bermanfaat supaya kalian bersemangat dalam berbahasa Inggris. Ingat "Kunci untuk menaklukan dunia adalah dengan menguasai bahasanya". Biar kalian semangat terus.... cie sok wise banget sih gue, hahahaha!!!

2 komentar:

Catatan si Hilman mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Catatan si Hilman mengatakan...

ada yang kurang itu, terjemahkan sedikit sedikit bacaan b.inggris ck pa nedi ge...haha